-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Umpan Udang Galah dan Alat Pancingnya Untuk di Muara dan Sungai

Salam Mancing Liar

Umpan udang galah di muara dan sungai sangatlah menarik untuk di informasikan buat sobat mancing liar karena banyak sekali sobat mancing liar yang sering mencoba sensasi strike udang galah ini. Udang galah sering di kunjungi di resto atau rumah makan dengan rasanya yang menggiurka dan postur tubuhnya yang besar. udang galah ini merupakan salah satu jenis varietas udang dari 10 jenis udang yang hidup di perairan indonesia dan mempunyai tubuh paling besar dari jenis udang lainya.


Jenis kelamin udang galah bisa di lihat dari bentuk badan, capit dan kantung telur yang ada di antara kaki-kakinya. untuk udang galah jantan mempunyai kepala yang lebih besar dari betina, badan yang panjang ramping dan sela diantara kakinya yang agak menyempit, serta mempunyai capit yang lebih besar. berbeda dengan udang galah betina yang kelihatan bertubuh agak pendek dan ukuran kepala dan badan hampir sama serta sela di antara kakinya yang lebar untuk menaruh telur saat reproduksi. habitat dari udang galah sangatlah unik dan hampir sama dengan ikan sidat yang mempunyai kebiasaan reproduksi di air payaw. saat musim kawin udang galah memilih untuk hidup di air payaw dari saat bertelur, berubah jadi larva dan setelah udang galah ini cukup usia udang galah berpindah mencari air tawar dan hidup di air tawar. nah jadi nya tempat yang bagus untuk mancing liar udang galah di sungai dekat pesisir pantai atau di muara sungainya.

Alat pancing untuk mancing udang galah lebih spesifik karena cara makan udang galah berbeda dengan ikan yang biasa kita pancing di sungai maupun kolam. untuk pemilihan  Alat pancing untuk mancing liar udah galah bisa seperti:
  • Joran pancing
Pemilihan joran untuk mancing udah galah disarankan jorang yang sangat lentur dengan panjang 100 cm sampai 200 cm untuk mendapatkan sensasi strike udang galah yang memuaskan. kenapa joran harus lentur ? karena cara udang galah memakan umpan tidak terlalu kencang sambil di bawa lari, berbeda dengan ikan yang makan umpan bisa membawa joran sampai melengkung dan bahkan terbawa hanyut ke dalam air. jadi fungsinya joran lentur itu memudahkan kita untuk melihat sambaran udang galah dari ujung jorang yang naik turun.
  • Senar
Untuk memilih senar pancing biasanya menggunakan senar 2lbs sampai 6 lbs. usahakan menggunakan senar monofilm yang berdiameter kecil dan kuat agar bisa seimbang dengan kelenturan joran. sedikit berbagi pengalaman agar senar pancing tidak mudah kusut dan lebih kuat, senar yang baru di beli dari toko pancing dikukus dulu beberapa menit dan di bentangkan sampai dingin, barulah pasang di reel atau golong tradisional.
  • Reel
Memilih reel pancing untuk mancing udang galah ini lebih cocok menggunakan reel spining atau reel yang putarannya halus banget, karena mandeknya reel saat mengangkat udang galah ke permukaan bisa menyebabkan gagal tangkap atau udang galah terlepas dari kail. banyak para pemancing udang galah hanya menggunakan golong tradisional untuk mancing udang galah di muara atau di sungai karena golong tradisional bisa lebih halus putarannya saat menaikan udang galah.
  • Kail
Memilih mata kail untuk mancing udang galah biasanya mata kail yang bentuknya mirip cerulit atau circle hook. mata kail ini memang khusus di buat untuk spesialis mancing udang galah karena kail ini tidak membuat udang galah berontak saat di tarik kepermukaan. mata kail lain seperti carbon no 3 sebagai solusi apabila kail circle hook sulit untuk didapat di toko pancing.
  • Timah/Pemberat
Memilih timah atau pemberat tidak harus besar dan berat seperti mancing ikan lain di sungai, tetapi sesuaikan dengan kelenturan joran dan ukuran senar yang digunakan. yang harus di perhatikan memilih timah atau pemberat untuk mancing udang galah di sesuaikan dengan arus sungai yang menjadi spot mancing udang galah ini.
  • Umpan
Ada banyak sekali umpan mancing udang galah di sungai atau di muara, umpan jitu udang galah yang sering di gunakan para pemancing liar :

       1. Kroto


Sobat mancing liar sudah pernah menggunakan umpan ini ? umpan ini banyak di gunakan oleh sobat mancing liar di muara pantai selatan, dan terbukti ampuh untuk menaklukan udah galah babon. sebelum menggunakan umpan kroto untuk mancing udang galah, sobat mancing liar harus mengkukus dulu kroto tersebut agar saat di pasang di kail tidak kempos. cara memasang umpan kroto ini cukup memasang satu atau beberapa ekor langsung di kail pancing. dan untuk pemilihan kail agar sesuai dengan umpan kroto ini baiknya menggunakan kail kecil sekitar no 3 carbon biru atau kail lainnya yang bisa sesuai dengan umpan kroto ini.

       2. Cacing

Umpan cacing sudah tidak asing lagi untuk umpan mancing udang galah atau pun ikan lainnya yang ada di sungai. karena cacing ini salah satu umpan yang paling digemari oleh ikan dan tidak susah untuk mendapatkannya. jenis cacing yang sudah biasa di pakai untuk mancing udang galah adalah jenis cacing gelang, acing rambut, cacing tanah, cacing susu. sobat bisa membelinya di toko pancing terdekat dengan harga relatif murah dan terjangkau.

       3. Larva Tawon

Umpan larva tawon sangat jarang digunakan karena umpan ini sangat jarang dan sulit untuk di dapat, bahkan di cari di toko-toko pancing pun belum tentu ada yang jual. untuk mendapatkan umpan ini sobat harus berjuang mengambil larva tawon dari sarang tawon liar yang sering ada di pohon-pohon atau di plafon rumah. hati-hati untuk mengambil larva tawon ini butuh keahlian khusus, karena tawon merupakan hewan berbisa dan protektif yang bisa membuat sobat panas dingin selama 3 hari dengan sekali sengatan. cara menggunakan larva tawon sebagai umpan jitu mancing udang galah ini hampir sama dengan menggunakan umpan kroto, sebelum menggunakan nya sobat harus mengukus dulu agar tidak kempos dan ancur.
  • Spot Mancing Udang Galah
Habitat dan naluri alami udang galah yang sering melakukan reproduksi di air payaw dan sekitaran muara sungai menjadi salah satu acuan untuk mencari spot mancing udang galah. jadi lebih di sarankan untuk explore muara sungai yang menuju ke pantai untuk menemukan sensasi mancing udang galah ini. dan satu tips kebiasaan udang galah berkumpul atau tempat bermainnya udah galah di sungai dan muara ditempat yang arus tenang dan rimbun dengan pepohon yang terendam air. hati-hati sering nyangkut ke kerangkeng pohon yang ada di dasar sungainya sob. saya pun mempunyai pengalaman mancing udang galah di sungai muara gembong bekasi yang sangat memuaskan. nah untuk sobat mancing liar di daerah cikarang, bekasi, karawan dan sekitarnya bisa menjadikan sungai muara gembong sebagai spot mancing udang galah yang mantap.

Tips mancing udang galah untuk sobat mancing liar disarankan untuk membawa joran lebih dari satu, karena sobat bisa menebar joran yang lainnya saat menuggu sambaran udang galah. dan apabila joran serentak mendapatkan sambaran berbarengan itu memjadi sensasi yang luarbiasa saat mancing galah biarpun agak merepotkan. seperti biasa bawa perlengkapan diri dan cemilan saat explorer mancing liar udang galah ini agar sobat bisa merasa puas dan nyaman saat mancing liar.

Semoga tulisan ini menjadi manfaat buat sobat mancing liar dan kita bisa berbagi pengalaman dan menambah wawasan untuk sensasi mancing liar yang memuaskan. adapun artikel terkait dengan umpan udang galah dan alat pancing untuk di muara dan sungai ini sebagai berikut :
Salam Mancing Liar