-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Membuat bandul pengumpul ikan mas, mujaer, ikan bawal dengan yuyu

Salam Mancing Liar

Bandul pengumpul ikan menjadi pelengkapan mancing yang wajib dibawa untuk mancing liar di danau, waduk dan kolam liar agar sobat bisa merasakan sensasi mancing liar yang memuaskan dan strike yang terus-terusan. mancing di alam liar terkadang tidak selalu pas di posisi tempat ikan berkulpul dikarenakan spot yang luas membuat ikan tersebar kesemua sisi lokasi mancing liar tersebut. dengan menggunakan bandul yang jitu untuk mengumpulkan ikan di satu titik yang menjadi lokasi mancing yang galakan. Sudah banyak sekali di jual dipasaran untuk bandul pengumpul ikan ini yang sangat praktis untuk membuatnya, hanya menambah air panas dan bahan lainnya sedikit langsung bisa di gunakan saat kita mancing. Akan tetapi untuk kejituannya belum bisa menjamin dan mampu mengumpulkan ikan dengan cepat dan terkadang hanya untuk satu jenis ikan saja. nah, untuk sobat mancing liar saya coba berbagi pengalaman membuat bandul ikan mas, nila atau nujaer dan ikan bawal yang sudah terbukti ampuh mengumpulkan ikan babon di spot mancing liar.

Rakit pargom waduk jatiluhur

  • Bahan membuat bandul pengumpul ikan mas, mujaer dan bawal 
1. 10 ekor yuyu
2. 1/4 kg pelet
3. 1/4 kg singkong segar
4. 1/4 menir ( beunyeur )
5. Segenggam lumut segar
6. Satu sendok teh esen pandan

Baca juga : Racikan lele paling jitu ampuh tanpa esen

  • Cara membuat bandul pengumpul ikan paling ampuh untuk mancing di danau, waduk dan kolam liar
1. Bakar yuyu sampai mengeluarkan minyak dengan kayu bakar
2. Tumbuk 10 ekor yuyu hidup sampai halus
3. Rendam pelet dengan air panas secukupnya ( Sampai bisa di buat adonan lengket )
4. Parut singkong dan peras sampai agak kering
5. Kukus singkong 15 menit atau sampai setengah mateng
6. Tiriskan sampai kering
7. Bersihkan menir dari gabah dan kotoran dengan air bersih
8. Campurkan adopnan pelet dengan yuyu yang sudah di tumbuk sampai rata
9. Campurkan singkong yang di kukus tadi sampai rata
10. Campurkan menir dan aduk sampai rata
11. Campurkan satu sendok teh esen pandan ke racikan bandul dan aduk sampai merata

Setelah selesai membuat bandul pengumpul ikan yang sangat jitu ini sobat langsung menuju lokasi mancing yang menjadi spot yang diangap mantap untuk mancing liar. untuk lumut segar digunakan saat akan melempar bom pengumpul ikan ini ke air agar lumut tetep segar dan hidup di dalam air. sebelum persiapan joran dan yang lainnya, sobat ambil bandul pengumpul ikan yang sudah di buat tadi dan campurkan lumut kasar yang sudah di tiriskan. lemparkan bandul ke air di depan soban kira-kira berjarak 1 - 2 meter kedepan dari pinggir spot mancing liar itu. nah baru sobat rapihin peralatan mancing sambil nunggu ikan kumpul di tempat jatuh nya bandul tadi.

Baca juga : Esen mujaer atau nila paling jitu dengan sari pandan

Untuk mendapatkan bahannya sangat mudah sekali, yuyu pun bisa di cari di persawahan dan sungai kecil di sekitar tempat tinggal sobat. untuk esen pandan bisa beli di toko kue atau membuat sendiri dengan merebus 2 lembar daun pandan dengan 2 gelas air dan biarkan sampai air rebusan pandan menjadi 1 gelas atau kurang. untuk lebihnya air sari pandan ini mantap untuk esen lumut saat mancing ikan mujaer dan nila di spot mancing liar. Untuk pelet bisa membeli pelet pakan lele yang bagus dan kental saat diracik agar bandul tidak lembek saat di racik dan mempunyai bau yangkhas dan bisa menggoda ikan saat digunakan. mendapatkan menir pun banyak jual di toko pancing terdekat atau di toko pakan burung dan ikan di dekat rumah sobat.

Pengalaman mengunakan bandul super pengumpul ikan mas, mujaer, dan bawal ini sudah bereaksi kurang dari 30 menit. bisa di lihat dari gelembung gelembung yang keluar dari bawah air dan berkumpul kesatu titik di tempat bandul itu di tebar. spot mancing yang sobat target kan sudah siap untuk membuat sobat puas dan strike sampai sobat lemas hehehe. Umpan mancing yang sobat gunakan untuk mancing nya bisa dengan umpan lumut untuk ikan mujaer, cacing sawah untuk semua ikan yang datang atau umpan racikan yng paling jitu untuk ikan mas dan bawal.

Baaca juga : Umpan jitu mancing bawal untuk sang juara

Bandul spesial pengumpul ikan ini selalu di gunakan saat saya mancing liar di waduk cirata, waduk jatiluhur untuk spot rakit dan mancing pingiran. Danau di daerah cikarang kab. bekasi dan sekitarnya, dan di kolam liar yang airnya hijau pun sangat ampuh untuk menaklukn ikan babon. coba dan buktikan sob agar sobat tidak penasaran, tapi tetep tergan tung rezeki dan hoki untuk mancing di alam liar, Semoga bermanfaat.

Salam Mancing Liar