-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Cara Mancing Wader dan Umpan Jitu serta Alat Pancingnya

Salam Mancing Liar

Ikan wader (Bader,Beunteur) banyak sekali ditemukan di sungai kecil pesawahan sampai sungai besar yang berair coklat ataupun di danau bekas penggalian yang bisa di jadikan spot  untuk berburu ikan wader ini. Tempat yang paling di sukai ikan wader adalah sungai yang berarus deras ataupun spot yang lebih di dominasi dengan bebatuan karena ikan wader ini sering mencari makanan berupa hewan kecil yang hidup bebatuan tersebut. Serunya mancing ikan wader ini sangat di minati para pemancing liar, karena ikan wader ini mempunyai tenaga yang lumayan besar walaupun ikannya hanya sebesar dua jari orang dewasa. untuk bisa merasakan sensasi mancing ikan wader yang memuaskan, sobat harus menyesuaikan alat pancing dan yang lainnya agar strike ikan wader serasa strike ikan marlin raksasa di spot liar hehehe.

  • Alat pancing untuk mancing ikan wader

Memilih alat pancing untuk mancing liar ikan wader sangat diperlukan untuk menyesuaikan dengan spot mancing yang akan menjadi lokasi mancing liar ikan ini.

1. Joran untuk mancing ikan wader

Memilih jorang untuk mancing ikan wader sangat di diwajibkan karena untuk mendapatkan sensasi strike ikan wader serasa strike ikan marlin di air tawar. Spot sungai yang lebarnya kurang dari tiga meter lebih baik memilih joran yang panjang maksimal 130 cm dengan kelenturan yang sangat pas atau ujung joran bisa di tekuk sampai gagang joran. dan untuk lokasi danau atau pun sungai yang sangat lebar bisa di sesuaikan dengan spot mancing yang menjadi tujuan mancing liar, yang terpenting kelenturan joran di ujung sampai tengah joran bisa memberikan sensasi strike yang memuaskan.
Contoh saat saya mancing wader di penggalian pasir cimangkok sukabumi menggunakan panjang joran mulai dari 5 meter sampai 6 meter untuk menyesuaikan lokasi danau dan posisi tempat yang dikira tempat ikan wader berkumpul. Lain halnya saat saya mancing disungai dekat rumah hanya mengunakan joran yang panjangnya 120 cm - 150 cm dan bisa di buat sabuk karena sangat lentur sekali.

2. Senar pancing untuk mancing ikan wader

Memilih senar untuk mancing ikan wader memang ksusus dan teliti, karena harus menyesuaikan dengan arus yang menjadi spot mancing ikan wader ini. untuk sungai arus deras dan kedalaman lebih dari 1 meter lebih baik menggunakan senar monofilament yang berukuran 1.5 lbs - 2.5 lbs dan disesuaikan dengan bandul pemberat untuk arus derasnya, agar tidak cepat terbawa arus liar yang deras. Nah untuk arus lambat atau kedalaman spot kurang dari satu meter seperti mancing ikan wader di danau, kolam, sungai atau rawa sangat di anjurkan menggunakan senar 0.5 lbs sampai 1 lbs monofilament dengan setingan pelampung. carilah senar yang berdiameter paling kecil, kuat dan mudah tenggelam untuk mancing ikan wader ini.

Baca juga : Umpan udang galah dan alatpancing nya untuk muara dan sungai

3. Kail untuk mancing ikan wader

Menentukan besar kail untuk mancing ikan wader memang sangat penting juga karena mulut ikan wader sangat kecil sesuai besar badan ikan wader sendiri. nah untuk strike ikan wader terus menerus tanpa ada yang gagal harus memilih kail yang cocok dan bisa di jadikan rekomendasi dengan no 0.1 sampai 0.8 kail karbon biru atau yang sejenis nya. kail ini mempunyai diameter kawat yang sangat kecil dan kuat dengan berbentuk seperti crulit sangat efektif untuk mancing wader di segala spot.
  • Teknik mancing Ikan wader
Teknik mancing ikan wader untuk arus deras lebih efektif dengan teknik glosor dan umpan berada di bawah pemberat. kesiasaan ikan wader sering makan umpan dasaran di air sera dan melihat ujung joran yang mangguk-mangguk saat ikan wader makan. hentakan ikan wader saat makan sangat kencang sekali dan mudah terlihat, bahkan kail sering langsung nancap di mulut ikan wader. Spot mancing yang dangkal dengan kedalaman kurang dari satu meter lebih bagus menggunakan teknik gantung dengan pelampung yang kecil, kira-kira sebesar buah buni.  dengan setingan gantung ini lebih efektif dan jelas terlihat saat ikan wader makan umpan dan terlihat pelampung tenggelam dengan cepat.

Baca juga : Cara mancing lele dan umpan jitu lele babon di sungai

  • Umpan mancing ikan wader
Memilih umpan galakan yang paling jitu untuk mancing wader sangat tergantung dengan spot mancing nya. Ada dua jenis umpan yang efektif menaklukan ikan wader dengan mudah, yaitu umpan hidup alami dan umpan racikan untuk mancing ikan wader.
  • Umpan hidup alami mancing wader paling jitu dan cara menemukannya
1. Cacing sawah ( di gali ditanah sawah yang terendap air )
2. Cacing merah pohon pisang = Cacing cau ( Dibatang pohon pisan yang busuk )
3. Rayap karet = Pua karet ( Di pohon karet dan tanah sekitar perkebunan karet )
4. Rayap aren dan banbu = Pua Gantung ( Dikumpulam pohon banbu atau di batah pohon aren yang mati )
5. Larva buah nangka = Belatung nangka ( dibuah nangka yang sudah busuk )
6. Ulat batu = Ulam batu ( Dibebatuan sungai dangkal dan berlumut )
7. Cacing kawat ( Cacing putih kecil dan alot yang ada di sekitaran kandang ayam )
8. Ulat batang pohon pisang ( Dibatang pohon pisang yang mati tetapi belum busuk )
9. Laron ( Diawal musim penghujan atau menggali di lahan kosong )
10. Ulat buah belimbing ( Di buah belimbing yang busuk )
11. Kecoa batu ( Dibebatuan pinggiran rumah sering di temukan )

Umpan hidup alami mancing ikan wader sangat jitu apabila di gunakan saat air keruh dan agak meluap. strike ikan wader babon menjadi incaran dengan umpan ini dan teknik mancing glosor menjadi andalan apabila mengunakan umpan jitu mancing ikan wader ini di sungai. Air sungai berwarna susu cokelat setelah hujan turun sangat di dambakan oleh para pemburu ikan wader, dan selalu mengunakan umpan alami yang di gunakan untuk menaklukan ikan wader babon berukuran dua sampai tiga jari orang dewasa dan ikan lain juga tentunya hehehe.

Baca juga : Umpan alami mancing wader untuk di sungai

  • Umpan racikan ikan wader sangat ampuh dan galakan
Mancing ikan wader di sungai arus lambat, danau dan rawa sangat efektif dengan umpan racikan jitu yang mudah di buat dengat harga murah. tenik mancing yang pas untuk umpan racikan tentunya dengan menggukan pelampung kecil. indah nya melihat pelampung yang bergoyang dan sering kali langsung tenggelam saat ikan wader makan umpan racikan sangat didambakan para pemancing ikan wader. berikut umpan racikan paling jitu untuk mancing wader yang biasa saya gunakan saat air bening atau pun keruh susu di spot sungai dan danau penggalian pasir.

1. Mie instan & sari buah 

Cara membuatnya :
  • Tumbuk mie instan sampai halus
  • Seduh dengan air panas secukupnya
  • Aduk sampai jadi adonan yang mudah dibulatkan
  • Masukan 2 sampai 3 teteh sari buah sebagai esen
  • Umpan wader jitu siap digunakan
Untuk memilih sari buah yang mantap untuk mancing wader adalah sari buah nangka dan sari buah durian. sari buah ini asli nya sebagai pewangi rasa buah untuk makanan dan banyak di jual di toko pancing atau di toko bahan-bahan kue, sangat mudah dan murah kan. Umpan ini biasa saya gunakan mancing ikan wader di sungai terdekat dekat kampung saya.

Baca juga : Usus ayam umpan paling jitu untuk mancing baung

2. Jagung  muda, mentega dan perangsang ikan

Cara membuatnya :
  • Jagung muda di parut sampai halus
  • Parutan jagung di kukus sampai mateng
  • Aduk sampai jadi adonan keras
  • Campurkan sedikit mentega dan aduk sampat adonan mudah di bulatkan
  • Campurkan sedikit perangsang (DS8/DS2 dan yag lainnya berbentuk serbuk) secukupnya
  • Umpan galakan siap di gunakan
  • Apabila racikan terlalu lemebek bisa di tambahkan kinoy kristal yang banyak di jual di toko pancing
Umpan jitu ikan wader dengan perangsan ini lebih jitu dan tahan lama dan umpan wader ini berubah warna menjadi kemerahan apabila lebih dari 4 jam. umpan jitu ikan wader ini sering di gunakan mancing ikan wader di sungai cibiuk ciranjang kab. cianjur oleh pemancing liar.

3. Jajanan anak ( klik, potato, crispy ) dan halco

Cara pembuatan:
  • Tumbuk jajanan anak sampai halus
  • Seduk dengan air panas sampal jadi adonan
  • Masukan halco secukupnya
  • Umpan siap digunakan
Untuk membuat bahan racikan umpan jitu bisa di tukar sesuai selera sendiri dan untuk keampuhan nya bisa dibuktikan di spot yang memang banyak ikan wadernya. untuk bahan dasar seperti mie instan, jagung ataupun yang lainnya bisa di tukar dan di racik sampai menemukan racikan yang bisa menaklukan ikan wader di segala spot. apabila sobat mancing liar punya racikan ampuh bisa sharing di kolom komentar agar di jadikan rekomendasi oleh sobat mancing liar yang pengen merasakan sensasi strike ikan wader yang memuaskan.

Baca juga : Umpan alami untuk mancing di laut dangkal dan muara
  • Pengalaman mancing ikan wader yang memuaskan
Pengalaman saya untuk mancing ikan wader lebih banyak di sungai dekat kampung halaman. sungai-sungai kecil disana sangatlah direkomendasikan sebagai spot mancing wader yang mantap. ini dia sungai di daerah sukabumi dan cianjur yang mempunyai potensi ikan wader yang melimpah dan menjadi tujuan mancing liar ikan wader :
1. Sungai Cisarua
2. Sungai Cilawang
3. Sungai pasir ipis
4. Sungai Lebak ciaul
5. Sungai Sungai ci saray
6. Sungai cisuda
7. Sungai ganasoli
8. Penggalian pasir cimangkok
9. Sungai cibiuk
10. Dan masih banyak yang lainnya

Baca juga : Membuat umpan jitu racikan untuk ikan jaer mudah dan murah

Sensasi mancing ikan wader mirip lomba di mancing liar selalu jadi rutinitas bersama sobat mancing liar di daerah sukabumi. dengan joran yang sangat lentur membuat strike ikan kecilpun menjadi serasa strike ikan raksasa dengan spot liar yang sangat banyak rintangan. selain tenaga ikan wader ini yang bisa membuat joran nunduk rasa ikan wader pun sangat gurih dan enak untuk di konsumsi. semoga pengalaman ini bermanfaat untuk sobat mancing liar yang lainnya. dan saya yakin sobat mancing liar lebih paham untuk teknik dan dan umpan jitu mancing ikan wader ini.

Salam Mancing Liar