-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Umpan Hidup Mancing Wader atau Beunteur Jitu Untuk Disungai

Salam Mancing Liar

Sensasi strike ikan wader atau benteur sangat mantap sekali walaupun jenis ikan ini tidak bisa besar seperti ikan mas ataupun yang lainnya. kesukaan ikan wader hidup di air yang deras dan banyak bebatuan makanya dibilang kecil sicabe rawit hehehe, ikannya memang kecil tapi tarikan ikan wader ini sangat memuaskan dengan tenaga yang besar, ya mungkin karena hidup di air deras. untuk mancing ikan ini lebih disarankan menggunakan jorang tradisional yang sangat lentur agar sobat mancing liar bisa merasakan sensasi strike wader yang memuaskan di alam liar.


Umpan jitu mancing wader bisa menggunakan umpan alami atau umpan hidup dan juga umpan racikan yang bisa di buat sendiri di rumah dengan bahan yang gampang dan murah meriah. untuk kali saya akan informasikan dulu untuk umpan hidup alami paling jitu untuk ikan wader dan cara mendapatkannya. Umpan alami ini sudah terkenal ampuhnya untuk menaklukan wader di sungai besar atau pun kecil yang berada di pesawahan dan yang lainya. Ukuran babon untuk ikan wader ini hanya sebesar 3 jari orang dewasa dan itu pun sudah sangat langka disungai yang sudah tercemar oleh limbah rumah tangga dan limbah lainya. Okeh sobat mancing liar kita mulai absen si umpan jitu untuk ikan wader ini.

Baca juga : Ulet batang pohon pisang umpan jitu untuk mancing ika mas, nileum, tawes dan wader

  • Umpan hidup mancing wader dengan rayap karet

Rayap karet ( Pua karet = Sunda ) merupakan rayap yang sudah dewasa yang berwarna putih dengan ekor yang besar tetapi belum tumbuh sayap. Umpan ini sangat ampuh untuk menaklukan wader babon di air keruh atau pun bening. besar rayap putih ini sebesar kacang hijau yang berwarna putih susu. sangat pas dengan mulut ikan wader, jadi ikan wader selalu langsung menelan umpan rayap karet ini saat makannya. Rayap karet ini menjadi buruan para pemancing ikan wader di jawa barat dan jawa tengah.

Cara mendapatkan rayap karet pastinya banyak ditemukan dibatang pohon karet yang masih hidup ataupun pohon karet yang sudah mati dengan ciri-ciri ada jalan rayap yang terbuat dari tanah dibatang pohon karet tersebut, apabila sobat menemukannya telusurin terus jalan rayap itu sampai ke sarang utama yang biasanya ada di dalam tanah di bawah pohon karet tersebut. Apabila sudah menemukannya sobat bisa mendapatkan umpan jitu mancing wader ini dengan melimpah dan tidak habis untuk mancing selama dua minggu berturut turut hehehe. untuk sobat mancing liar yang jauh dari perkebunan karet atau pun pohon karet jangan bingung, rayap pohon karet ( pua karet ) bisa di beli di toko - toko pancing terdekat. tetapi tidak semua toko jual ya, toko yang biasa jual rayap karet ini toko pancing di daerah sukabumi, bandung, cianjur dan pelosok di daerah sleman sekitarnya yang pernah saya kunjungi. ya mungkin di daerah lainya ada bisa di tanakan ke penjual di toko pancing tersebut..

Baca juga : Usus ayam menjadi umpan mancing baung paling jitu
  • Umpan hidup mancing wader dengan cacing sawah
Cacing sawah merupakan umpan hidup paling jitu untuk mancing semua ikan termasuk ikan wader, umpan cacing sawah lebih mantap apabila di gunakan saat air keruh susu dan air sungai sedikit meluap dari biasanya. cuaca setelah hujan umpan ini menjadi andalan untuk mancing wader babon di sungai. Cara mendapatkan cacing sawah bisa mencari di sawah yang baru di bajak atau pun setelah panen asalkan kondisi tanah di sawah basah dan tergenang air. tanda-tanda tanah yang banyak terdapat cacing sawah bisa dilihat dari kotoran cacing di atas permukaan tanah. pilih cacing sawah yang ukurannya sebesar lidi dan berwarna merah yang sudah terbukti selalu mandapatkan ikan wader babon saat mancing disungai.

  • Umpan hidup mancing wader dengan ulat batu sungai ( Ulam Batu )

Ulat batu merupakan makanan alami sehari-hari ikan wader dan ikan kecil lainnya yang biasa hidup di air deras, makanya ulam batu ini bisa dijadikan umpan jitu dan paling galakan untuk mancing ikan wader babon. ulam batu dewasa terbesar mempunyai badan sebesar batang korek api yang berwarna hijau kehitam-hitaman. cara mendapankan umpan ampuh ikan wader ini sobat harus mencari sungai dangkal yang berarus deras, nah di bebatuan atau dasar sungai itu banyak sekali sarang ulam batu menempel yang mirip karang laut yang pada bolong. sarang ulam batu terbuat dari serat dan lumut yang menempel kuat di bebatuan dasar sungai yang dangkal. ambils aja sarangnya dan pasti ada ulam batunya yang bersembunyi di dalam sarang tersebut.

Umpan ulam batu itu ampuh untuk mancing ikan wader di malam hari ataupun siang hari. dalam kondisi air sungai keruh atau bening ikan wader pun tetap galakan dengan umpan ulam batu yang masih hidup. ikan wader selalu mencari air yang deras dan mencongkel dasaran sungai untuk mencari ulam batu yang ada didalam sarangnya. pasti sobat sering melihar kelap kelip dari dalam sungai yang sangat menggoda untuk mancing ikan wader ini. untuk gambarnya menyusul ya sob.

Baca juga : Umpan hidup mancing lele galatama, harian , sungai maupun rawa


  • Umapn mancing ikan wader dengan laron

Siapa yang tidak tau keampuhan umpan jitu laron ini? laron merupakan rayap tanah yang sudah metamorfosa menjadi laron yang mempunyai sayap empat dan berwarna cokelat. Umpan laron itu sangat jitu untuk mancing ikan lele, ikan patin, ikan tawes, ikan nilem, ikan mas, ikan sidat dan ikan wader. untuk umpan ikan wader sendiri laron ini menjadi umpan favorit yang sangat di cari para pemancing liar untuk menaklukan ikan air tawar. tetapi untuk mendapatkan laron ini sangat lah susah, karena laron ini bisa ditemui saat awal musim penghujan di daerah yang masih banyak kebun dan tanah kosong. saat keluar dari sarangnya didalam tanah , laron ini serempak dibeberapa tempat saat menjelang malam sekitar jam 18.30 sapai jam 19.30. hehehe tunggu saja musim hujan mendatang ya sob untuk mendapatkan umpan jitu mancing wader ini.

Laron muda yang belum tumbuh sayap bisa didapat di lahan kosong atau perkebunan dengan cara menggali sarangnya. Biasanya tanang yang terdapat sarang laron akan menonjol mirip bukit-bikitan kecil di tengah perkebunan dan lahan kosong. pengalaman saya untuk mendapatkan laron di musin kemarau di daerah cikarang di lahan kosong kawasan industri jababeka. Berdua dengan teman saya dari lemah abang menggali tanah di lahan kosong pinggiran kawasan jababeka dan hasilnya lumayan banyak dan cukup untuk mancing ikan tawes di sungai kalimalang selama 5 hari, tetapi ingat sob izin dulu sebelum bertindak agar aman dan nyaman hehehehe.

Baca juga : Membuat umpan jaer jitu mudah dan murah selain lumut

  • Umpan alami wader dengan rayap pohon aren dan bambu (Pua Gantung)
Rayap berwarna putih yang ada di batang pohon aren dan pohon bambu ini sangat galakan untuk mancing wader disungai deras. warnanya yang putih sangat efektip ampuh juga untuk mancing wader di air keruh. Kenapa di sebut pua gantung ? karena rayap ini lebih sering membuat sarang di batang pohon yang sudah mati dan tidak didalam tanah. Sama hal nya dengan rayap karet untuk sarang dan jalan yang dilalui rayam ini tertutup oleh tanah. cara mendapatkan unpan jitu ikan wader ini sobat harus mencari ke hutan bambu atau pohon aren yang biasanya pohon ini tumbuh di sekitaran sungai besar. ciri-ciri batang yang menjadi sarang pua gantung selalu terdapat jalan rayap yang terbuat dari tanah tersebut dan berujung di batang pahon aren atau bambu yang sudah mati. ukuran rayan aren dan bambu ini lebih kecil dan memanjang dibanding rayap karet.  Umpan ini sangat cocok untuk kail no 0.5 - 0.8 yang pas untuk mancing wader dan tidak ada yang jual di toko pancing manapun.

  • Umpan hidup ikan wader dengan belatung nangka (Larva buah nangka )
Belatung nangka memang umpan yang menjijikan bagi beberapa orang yang tidak suka dengan yang lengket dan busuk, karena untuk mendapatkan unpan ini bisa ditemukan di buah nangka yang busuk dan lumayan bau. tetapi apabila belatung nangka sudah terpisah dari buah nangka yang busuk ini tidak mempunyai bau yang tidak sedap tetapi wangi buah nangka yang matang. besar belatung nangka sama saja sebesar lidi kecil yang kontur tubuhnya mirip larva. warna belatung nangka sangat mirip sekali dengan buah nangka kekuningan yang matang dan lezat hehehehe. ikan wader sangat menyukai wangi dan rasa dari buah nagka tersebut, makanya belatung nangka sangat ampuh untuk menaklukan wader babon di sungai dengan arus deras maupun yang lainnya. Cara mendapatkan umpan jitu ini sobat harus mencari buah nangka yang busuk dan biasanya di keruminin laron kecil di sekitarnya. make masker kalau kurang nyaman dengan baunya, dan temukan didalamnya pasti banyak terdapat belatung buah nangka ini yang sering loncat apabila terganggu.

Umpan alami ikan wader ini selalu digunakan untuk menaklukan ikan wader di sungai dan umpan ini bisa menjadi alternative apabila umpan racikan untuk mancing ikan wader tidak galakan dikarenaka air sungai yang meluap dan keruh. Pengalaman mancing wader di sungai dengan umpan jitu di atas sangat memuaskan dan kita selalu berlomba bersama teman - teman poncol hau fhising club dari sukabumi atau mancing liar jogja jawa tengah untuk menaklukan wader babon yang pastinya sangat memuaskan. semoga bermanfaat untuk sobat mancing liar lainnya.

Baca juga : 10 umpan pating paling galakan 2017

Salam Mancing liar