-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Umpan Tawes Alami Paling Jitu Murah dan Mudah

Salam Mancing Liar

Ikan tawes mempunyai habitat alaminya sebagai ikan omnivore yang senang memakan rumput-rumputan di air dan serangga kecil, tetapi pemancing liar pun sangat kreatif untuk mencoba membuat umpan baru untuk ikan tawes ini. makanya sob, ada umpan racikan jitu untuk ikan tawes yang banyak sekali di bahas dan di coba oleh para pemancing liar, dan hasilnya pun beragam.



Sebenarnya umpan jitu dan galakan buat ikan tawes ini tidak menentu dikarenakan dengan kondisi air sungainya sendiri. nah sobat harus tau kondisi air yang akan menjadi spot mancing tawes ini dan sesuaikan dengan umpan yang di gunakannya.  sekarang kita mulai bahas umpan tawes alami paling jitu dengan konsidi air di sungai saat sobat mau mancing.

Ini dia ni sob, kita mulai absen saja umpannya :

1. Lumut

Sobat mancing liar mungkin sudah tau dan bahkan pernah mencobanya, disini saya berbagi tips sedikit untuk umpan tawes alami dengan lumut ini lebih jitu dan lumayan kuat di arus yang lumayan deras, karena tawes itu lebih senang bermain di arus lumayan deras.

Ini dia tipsnya sob,
  • Cari lumut halus dan warna terang agar mudah di pasang di kail dan menempel lebih kuat
  • Gunakan kail pancing yang kecil untuk mempermudah pasang lumut dan pass di mulut ikan tawes
  • Tambahkan sedikit vanili pada lumut agar lumut lebih kuat dan Wangi
  • Umpan lumut ini lebih efektif di gunakan saat air sungai tidak terlalu besar dan tidak keruh
Nah itulah tips untuk umpan tawes alami dengan lumut yang bisa dicoba untuk mancing tawes di sungai, di danau, atau di waduk.

Sedikit pengalaman yang membuktikan tawes itu sangat suka dengan umpan lumut, waktu saya mandapat ikan tawes di sungai kalimalang Cikarang kab. Bekasi, saat membuka perut ikan tawes ternyata isi dalem perut itu berwarna hijau semua dan ternyata itu lumut yang di makan sama ikan tawes.

2. Daun Sawi hijau

Nah ini dia umpan tawes alami yang sangat mudah di cari, mungkin sebagian tempat sangat langka dan susah untuk mendapatkan lumut sebagai umpan mancing, daun sawi hijau ini bisa di jadikan salah satu alternative umpan tawes alami yang tak kalah jitunya dengan lumut. namun untuk pemakaian umpan tawes dengan daun sawi hijau ini lebih baik kondisi air yang lagi keruh.


untuk cara pakainya hanya memotong kecil-kecil dan panjang agar mudah di pasang di kail kecil dan hampir mirip lumut di dalam air. bau daun sawi hijau menjadi pemikat ikan tawes dan jadi galakan pada umpan ini.

3. Laron

Umpan alami yang sangat jitu untuk ikan tawes yang satu ini paling sukar di cari, karena umpan ini keluar karena proses alami dan tidak bisa di tentukan. sobat mancing lia rpun pastinya sudah tau klo laron itu menjadi umpan andalan untuk mancing berbagai jenis ikan, seperti Ikan Lele, Nilem, Ikan Mas. Wader, Sidat, Baung, Gabus dan yang lainnya. nah untuk mancing ikan tawes pun umpan ini sangat efektif dan sangat jitu. umpan ini sangat mudah dipasang di kail dan ukurannya pun pas untuk kail pancing dan sesuai dengan mulut ikan tawes.


Biasanya laron ini keluar dari sarangnya saat pergantian musim atau sering di awal musim penghujan datang. tetapi banyak juga sobat mancing liar yang mencari laron di kebun atau Tanah kosong di sekitar tempat tingalnya, dengan ciri-ciri Tanah yang ada laronnya akan menggelembung mirip dengan bukit-bukitan kecil, nah coba gali dan cari saja bsob. dan terkadang mendapatkan larva atau laron yang masih berwarna putih dari hasil pengalian, nah itu sob umpan yang sangat jitu banget untuk mancing liar tawes "laron yang masih berwarna putih dan belum tumbuh sayap". Umpan laron ini lebih bagus di gunakan saat air kerus dan besar.

4. Rumput berdaun kecil hijau dan panjang di sekitaran sungai

Untuk umpan tawes yang satu ini memang jitu sob tetapi para pemancing liar jarang mencobanya. rumput kecil panjang di sekitaran sungai juga bisa sobat coba untuk mincing ikan tawes tetapi saya belum tau ke efektiannya umpan tersebut. contoh daun rumput teki yang bisa di gunakan untuk mincing ikan tawes di sungai.

Nah itulah sedikit info untuk umpan tawes alami yang bisa di jadikan rekomendasi buat macing liar ikan tawes untuk sobat. ada juga tips mancing tawes di kalimalang yang paling baru dari master mancing tawes yang bisa di preaktekan saat sobat mancing. Semoga bermanfaat.

Baca juga umpan - umpan jitu yang lainnya :
  • Ulet Batang Pohon Pisan Umpan Jitu Ikan Mas, Tawes, Nilem, Wader
  • 8 Umpan Ikan Mas Jitu, Murah, Alami, mudah, tanpa Campuran Esen
  • Kepala Cumi Umpan Ikan Patin Paling Jitu
  • Esen Mujaer atau Nila Paling Jitu dengan sari pandan
  • Umpan jitu ikan mas dengan daging sidat
  • Umpan jitu ikan mas dengan daging belut
  • Umpan paling jitu mancing bawal
  • Esen Mujaer dan nila paling jitu dengan walang geni
  • mpan jitu dengan udang rebon
  • Umpan Mancing SILI paling jitu
  • Umpan mancing tawes
  • Umpan paling jitu mancing lele
  • Umpan Mancing ikan baung
  • 8 Umpan ikan Mas alami mudah dan jitu
Salam Mancing Liar