-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Cara Mancing Lele dan Umpan Ampuh Lele Babon di Sungai

Salam Mancing Liar

Ikan lele termasuk ikan predator yang sangat mudah sekali makan dan tidak perlu trik khusus untuk ikan berkumis ini. tetapi karena banyak sekali faktor yang merubah pola hidup ikan lele di tempatnya menjadi ikan lele yang sulit ditaklukan oleh para pemancing di beberapa spot mancing. sampai - sampai para pemancing lele harus sering mengali informasi dibeberapa media untuk membuat dan meracik umpan lele yang susah makan atau umpan yang paling di sukai ikan lele agar bisa menaklukan lele babon da menjadi juara kolam lomba atau menjadi sang penakluk ikan lele di spot mancing alam liar.

Sukabumi 2015

Spot ikan lele yang akan di bahas biar mudah saya bagi dua yaitu spot mancing lele sungai (arus deras) dan spot mancing lele di kolam atau rawa (arus diam). perbedaan spot ini hanya untuk membuat settingan  yang pass yang bisa di gunakan s stiap spot mancing lele. mulai dari setingan kail, pemberat atau pun umpan yang di gunkan. ikan lele sebenarnya mempunyai sifat otoriter atau mempunyai wilayah kekuasaandan butuk tempat untuk berlindung saat dalam kondisi kengang agar tidak terganggu oleh yang lainya saat istirahat. dan saat waktunkengang itulah ikan lele jadi lebih pasif dan tidak galakan terhadap sebagian umpan. dan adapula karena kondisi air dan lumpur di dasa sungai atau kolam yang kurang cocok denga umpan yang di gunakan, padahal umpan ini bisa joss di sebagian spot mancing lele. untuk sobat yang mencari lokasi mancing lele yang tepat memang butuh waktu untuk melihat kebiasaan lele sembunyi atau tempat diamnya di spot tersebut. contohnya kolam pemancingan spot ikan lele babon atau lokasi yang sering menjadi juara saat lomba atau galatama sering berulang di posisi yang sama atau di spot liar pasti demikian.

Baca juga : Racikan umpan lele paling jitu mudah tanpa esen

Spot mancing lele di sungai ini lebih identik ke spot yang mempunyai alirannya da mempunyai spot mancing yang beranekaragam, mulai dari dasar sungai, kedalaman, arus air dan bahkan lokasi sekitaranya yang kadang banyak sampah dan kayu yang membuat spot mancing jadi lebh extrim dan menantang. Mancing ikan lele disungai sebenarnya lebih mudah makan di bandingkan spot yang airnya diam, karena air yang terus mengalir membuat ikan lele lebih agresif dan ganas terhadap mangsanya. selain itu air yang berarus membuat lumpur dasar sungai menjadi tidak bau dan efek air mengalir bisa membuat umpan mancing alami lele terlihat hidup terus didalam air yang bisa menggoda ikan lele yang sedang malas makan. Makanan asli ikan lele di spot liar adalah ikan yang berukuran kecil, yuyu, udang dan yang lainya. terkadang ikan lele liar memakan apa saja yang ada di sungai apabila makanan hidup tidak ada atau susah di tangkap saat ia lapar. Hati-hati sob apabila dapat ikan lele dari sungai da akan memasaknya sebaiknya di bersihkan dulu engan teliti padamulut, insang dan tembolok tempan lele menyimpan makanannya. takut nya mendapatkan hadiah kejutan yang tidak di inginkan yang bisa membuat sobat mancing liar tidak emut makan hehehe.

Baca juga : Umpan hidup untuk mancing lele galatama, harian, rawa

  • Cara Mancing lele di sungai
Cara mancing lele disungai lebih efektif dengan teknik glosor atau umpan dibawah timah atau pemberat, karena teknik ini bisa membuat umpan lebih awet dan tidak cepat rusak akibat arus air yang deras. teknik mancing glosor untuk mancing lele lebih mudah untuk menentukan posisi yang tepat di spot yang tidak beraturan seperti sungai buatan alam. saat ikan lele makan pun lebih pass menghentakan  joran apabila spot mancing nya jauh.
  • Alat mancing ikan lele disungai
Untuk mancing ikan lele disungai tergantung dari ukuran sungai yang menjadi spot mancing liar ikan lele tersebut. Untuk sungai yang lebarnya lebih dari lima meter dan kedalaman lebih dari 3 meter lebih disarankan menggunakan joran yang panjangnya di atas150 cm tidak terlalu lentur dan mengunakan reel, karena  sungai yang lebar lebih membutuhkan kecepatan untuk menggulung senar saat mengganti umpa atau saat strike ikan lele babon seperti mancing liar disungai kalimalang cikarang bekasi atau sungai cimandiri di sukabumi dan sungai besar lainya. Nah untuk sungai yang lebarnya dan kedalamannya kurang dari tiga meter lebih disarankan untuk menggunakan joran tradisional yang panjangnya maksimal  150 cm dan mempunyai karakter sangat lentur. 

Strike ikan lele babon dengan joran tradisional ini mempunyai sensasi yang sangat memuaskan, menantang dan memicu adrenalin. apalagi denga mengunakan senar max no 6 lbs dan kail maksimal no 4 bisa membuat sobat gemeteran dan sport jantung untuk menaklukan ikan lele liar tersebut. Sangat penting untuk menguasai teknik memainkan joran apabila mengunakan joran tradisional saat ikan lele babon berontak ketika mancing di sungai liar yang penuh dengan rintangan, karena resiko nyangkut, putus atau nyelip di bebatuan menbuat sobat kalah melawan ikan lele babon di spot mancing liar. pergerakan lele di spot mancing liar lebih agresif dan sulit dikendalikan apabila spot banyak bebatuan vulkanik (cadas) di sekitar sungai. Tempat senarnya pun lebih mantap mengunakan golongan yang terbuat dari kayu yang banyak di jual di toko pancing untuk setelan joran tradisional ini untuk sensasi yang memuaskan. " Rasakan sensasi mancing liar dengan joran tradisional yang extra lentur untuk menaklukan lele babon di spot liar".
  •  Umpan mancing lele di sungai yang paling di sukai
Umpan mancing lele disungai lebih mudah dan murah dibanding umpan racikan untuk mancing lele dikolam harian atau pun galatama. Bahkan sobat mancing liar bisa mendapatkan umpan gratis yang sudah tersedia di alam, asal mau dan niat untuk mencarinya. umpan mancing lele disungai pedesaan atau perkampungan yang lebih sering menggunakan cacing sawah dan cacing tanah sebagai umpan yang sangat jitu dan sekalian untuk mancing ikan lainnya yang ada di sungai tersebut.

Memilih umpan mancing lele yang galakan terkadang dipengaruhi oleh kondisi air yang ada di sungai itu sendiri karena air sungai tidak stabil tergantung cuaca dan yang lainnya. Umpan mancing lele di air keruh saat hujan atau pun setelah hujan sanyak mengasyikan, karena ikan lele lebih galakan dan cepat makan biarpun umpan manncing hanya menggukakan cacing gelang (cacing tanah = cacing kalung). pilih cacing gelang yang berukuran maksimal sebesar jari kelingking orang dewasa yang agak kurus, dan untuk cara pasangkan di kailnya lebi disarankan dari tengah badan cacing ,bukan dari kepala ataupun ekor cacing. pemasangan kail i badan tenga cacing bisa membuat cacing hidup lebih lama di dalam air dan lebih bisa kelihata bergerak-gerak didepan dan belakan yang bisa menggoda lele babon di spot mancing. mencati titik spot untuk melempar umpan saat mancing di sungai harus di perhatikan arus nya, karena ikan lele lebih menyukai tempat berarus tenang dan menjorok kedalam walaupun ikan lele sesekali main ke arus yang deras untuk berburu ikan kecil untuk makanannya. perlu di ingat sob, ikan lele mengikuti arus air bukan seperti ikan mas, hampala, wader, ikan nilem dan yang lainnya yang lebih menyukai arus deras dan suka melawan arus.

Umpan mancing lele dengan cacing gelang salah satu umpan jitu yang bisa di gunakan mancing siang atau pun malam hari karena mempunyai amis dan tidak mudah rusak. Selain itu umpan mancing lele di malam hari harus lebih awet apabila umpan diserang ikan -ikan kecil lainya yang bisa membuat sobat lelah mengganti umpan di tengah kegelapan. untuk spot mancing lele malam hari yang sedikit penerangan atau pun gelap sekali lebih baik memasang krincingan di ujung joran yang berfungsi sebagai alarm apabila ada ikan yang menyantap umpan yang sobat pasangkan di kail. dan di sarankan untuk manncing malam hari mrnggunakan joran yang sedikit kaku agar bisa evakuasi cepat apabila strike ikan lele babon di sungai. Banyak sekali umpan mancing yang bisa digunakan untuk spot mancing liar disungai pada siang hari, malam hari, air bening atau pun air keruh yang bisa di jadikan rekomendasi untuk sobat mancing liar, seperti :
  1. Cacing sawah
  2. Udang air tawar
  3. Jakrik
  4. Kecoa ( Mantab untuk lele susah makan )
  5. uter
  6. cilung
  7. ulet daun pisang
  8. gaang (anjing tanah = google)
  9. Cacing merah

Umpan mancing lele air keruh siang dan malam ampuh untuk mancing liar
  1. Lemak kambing
  2. usus ayang mentah (yang sudah di permentasi dengan bawang putih)
  3. Cacing gelang
  4. Kecoa putih/ kecoa
  5. kelabang
  6. udang hidup air tawar
  • Pengalaman mancing lele babon di sungai 
Setiap musim penghujan datang air di sungai meluap dan membawa berbagai jenis ikan yang lepas dari kolam-kolam warga dan buidaya ikan lele di hulu sungai. kondisi seperti ini yang di tunggu para pemancing liar di sepanjang sungai dekat kampung saya. setelah hujan reda dan air sungai kembali surut banyak ikan yang baru terbawa arus  ke sungai yang lumayan mudah untuk dipancing walaupun dhanya dengan cacing gelang sebagai umpanya. apalagi ikan lele yang baru pindah tempat kesungai sangat gampang sekali menaklukan nya dengan umpan cacing sawah atau pung cacing gelang tergantung besarnya debit air disungai. setiap pergi mancing bisa mendapatkan 2 sampai 4 ekor ikan lele yang beratnya 1.2kg sampai 5.3 kg yang paling berat yang pernah di evakuasi. nah sobat mancing liar, ikan lele sisaan yang sudah lama di sungaidan sudah bisa adaptasi dengan lingkungan sungai lumayan susah makan. umpan mancing lele yang susah makan ini sudah di coba, tetapi tetap tidak bisa ditaklukan dengan mudah. banyak sekali para pemancing liar sudah mencoba keberuntungan dengan membawa umpan yang menurut dia ampuh untuk merayu ikan lele babon itu, tetapi keberuntungan belum ada dan ikan lele pun masih sehat dan sering menampakan diri kepermukaan air untuk menertawakan para pemancing liar.

Seminggu sudah lewat dan rasa penasaran pun makin kuat karen kan lele dumbo babon selalu muncul kepermukaan dengan kepala sebesar orang dewasa, strike yang menjanjikan di spot mancing liar apabila ikan lele mau makan, apalagi dengan menggunakan joran tradisional  yang sangat lentur sekali. saat saya mau pergi ke spot lele dumbo babon, saya melihat kecoa berwarna putih dengan sayap transparan di pojokan dapur di rumah. Saya berpikir untuk mencoba umpan jitu ikan lele ini dengan kecoa yang menjijikan. persiapa sudah siap langsung menuju spot dengan jalan kaki selama lima menit dari rumah menju lokasi mancing liar lele babon. setelah sampai dilokasi ternyata sudah ada enam orang teman saya yang sudah berjam-jam menunggu dengan sabar sambil melihat atraksi ikan lele babon muncu kepermukaan yang biking ngiler para pemancing liar.

Setelah beresin peralata mancing saya pun langsung mencoba umpan favorit ikan lele yang menjijikan ini, dan lempar ke lokasi terakhir ikan lele ini muncul kepermukaan air. belum 5 menit joran saya pun bergerak naik turun dan nunduk terus sampai mau jatuh, sengaja di diamkan dulu biar yakin. ternyata ikan lele babon itu langsung makan umpan lele dengan kecoa putih ini. striike , serentah sorak semua sobat mancing liar yang ada di lokasi dengan wajah sedikit kelihatan heran melihat saya baru datang langsung menaklukan lele dumbo babon yang sudah di incar dari seminggu yang lalu. Perlawanan sengit dengan mengunakan joran tradisional sangat menguras adrenalin yang membutuhkan waktu hampir satu jam untuk evakuasi sang predator ini. Asli sob, sangat menguras energi strike ikan lele 4.7 kg dengan joran tradisional dan senal nomer 6 lbs. akan tetapi itulah seni dan unik nya mancing liar selalu ada kepuasan yang sangat membahagiakan dan tidak bisa tergantikan dengan apapun hehehe (lebay).

Sedikit Tips dari pengalaman saya buat sobat mancing liar untuk spot mancing lele disungai. Untuk mengetahui spot mancing itu ada ikan predatornya yang sedang berkeliaran disa dilihat dari pergerakan ikan kecil di lokasi yang di jadikan spot mancing lele. Contohnya :

  • Apabila serangan ikan kecil banyak sekali yang makan di spot tersebut mendadak sepi dari serangan ikan kecil tersebut
  • Terlihat sesekali ikan kecil loncat kepermukaan
  • Air sungai mendadak agak keruh bdi sekitar spot mancing
  • Sesekali ada gelombang dari bawah terlihat tidak biasanya muncul kepermukaan
  • Seringnya ikan lele muncul jelas terlihat kepermukaan air
Semua ini hanya pengalaman saya yang sangat menyukai explorer spot mancing liar dengan sensasi strike yang mengejutkan. Pasti sobat mancing liar lebih paham dan berpengalaman untuk menaklukan sang predator berkumis tebal ini. Untuk sobat yang mempunyai pengalaman strike ikan lele babon bisa corat-coret disini untuk berbagi pengalaman yang bisa jadi masukan atau tips menaklukan ikan lele babon dengan mudah dan memuaskan, semoga bermanfaat.

Salam Mancing Liar