-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Umpan hidup untuk Mancing Lele Galatama, harian, Sungai, Rawa, Siang dan Malam

Salam Mancing Liar

Umpan hidup mancing ikan lele untuk galatama sangat mudah didapat disekitar tempat kita. Ikan lele sangat menyukai umpan aktif didalam air, karena ikan lele ini termasuk ikan predator yang sering memangsa ikan-ikan kecil di sekitarnya. Sensasi strike ikan lele babon sangat memuaskan bagi para pemancing, karena ikan lele mempunyai tenaga sangat kuat  yang bisa membuat sobat mancing kewalahan untuk menaklukannya.


Berikut ini umpan mancing lele alami yang jitu untuk galatama dan harian maupun untuk mancing liar yang bisa di jadikan rekomendasi buat sobat mancing :
  • Udang Hidup
Mulai dari habitat asli ikan lele liar di sungai, rawa maupun tempat lainnya di alam liar, ikan lele mempunyai daerah kekuasaan di sekitarnya dan selalu berburu makanan hidup yang ada di sekelilingnya. Udang hidup merupakan salah satu makanan favorit untuk lele liar dan ikan lele ini bisa dengan mudah memangsanya. Nah untuk udang hidup ini sudah tidak asing lagi bagi para pemancing liar yang biasa mancing lele di sungai, dan udang hidup pun menjadi salah satu umpan andalan untuk mancing lele yang susah makan.

Untuk mancing lele di galatama maupun mancing harian ikan lele, umpan udang hidup pun sangat ampuh untuk menaklukan lele babon yang ada di kolam itu. Apalagi di kolam yang penuh ikan lele sudah bisa di pastikan udang yang hidup liar sangat jarang.  Umpan udang hidup bisa digunakan untuk umpan mancing lele dimalam hari maupun di siang.

Cara mendapatkan udang hidup bisa dengan cara menangkap dengan tangan di pingirang kali atau kolam, seperti para sobat mancing liar di kalimalang cikarang yang sering mencari udang hidup di pinggiran sungai untuk umpan mancing ikan sili. Bisa juga menggunakan serokan atau anco yang di pasangkan di kolam-kolam liar atau pinggiran danau dan rawa. Pilih udang hidup yang ukurangnya sebesar telunjuk orang dewasa untuk mancing lele babon di galatama atau pun kolam mancing lele harian.

Cara memasang udang hidup untuk mancing lele hanya menyagkutkan kail pancing di ekor nya agar udang tetap hidup dan agresif di bawah air. Setingan pemberat atau bandul lebih di rekomendasikan di pasang di bawah umpan udang hidup ini.
  • Cacing tanah.
Cacing tanah atau caicng gelang (cacing kalung = sunda) salah satu jenis cacing yang sangat jitu untuk mancing ikan lele dan ikan lainnya. Selain buat umpan mancing cacing gelang ini masih banyak sekali manfaatnya, seperti untuk membuat obat demam (tipus) dengan cara dihaluskan dan di rebus dengan gula jawa dan untuk manfaat cacing sebagai obat demam alamibisa di lihat di galeriherbal.org sebagai rekomendasi . Untuk umpan mancing lele pun cacing ini sangat ampuh untuk menaklukan ikan lele babon di galatama, kolam harian lele atau mancing alam liar. Cacing gelang ini bisa hidup dan bergerak di dalam air apabila memasangnya dengan cara yang khusus.

Cara memasang umpan cacing gelang di kail untuk mancing lele dengan cara menusukan kail di bagian tengah cacing gelang, jadi untuk kepala dan ekor bisa bergerak terus didalam air untuk menggoda ikan lele yang sedang lapar maupun yang susah makan. Ukuran cacing yang di gunakan lebih bagus yang berukuran sedang atau sebesar pensil, karena untuk ukuran itu cacing tanah lebih agresif dan mempunyai lendir yang sangat amis.

Cara mendapatkan cacing gelang bisa di cari di tanah sekitar kebun atau tanah di sekitaran lobang pembuangan sampah. Yang lebih gampang di tanah pinggiran jalan ke perkampungan yang mempunyai ciri banyak terdapat kotoran cacing di tanahnya. Di musim hujan lebih mudah menemukan cacing gelang ini di banding musim kemarau karena cacing ini lebih suka di tanah yang lembab.
  • Yuyu Putih
Mancing lele di segala spot  dengan umpan yuyu putih sangat jitu dan galakan karena umpan ini mempunyai bau amis yang khas yang bisa membuat lele menjadi lapar saat mencium bau amisnya. Asli sob, umpan mancing yuyu putih ini sangat menjadi rekomendasi dan sudah terbukti di tiap daerah, seperti para pemancing daerah bali dan sekitarnya selalu menggunakan umpan ini untuk target ikan lele, sidat, baung dan ikan predator lainnya. 

Cara mendapatkan umpan yuyu putih ini lumayan susah, karena habitat yuyu putih ini sangat langkaa dan hidup di sungai yang banyak batunya dan di air jernih. Bisa juga membeli online di grup-group mancing di social media untuk mendapatkan umpan jitu ini dengan harga yang lumayan murah. Ciri – cirri yuyu putih / yuyu kapur sangat unik karena yuyu yang satu ini mempunyai badang yang berwarna putih dan mempunyai cangkang yang empuk.
  • Kecoa / Kecoa Putih
Hewan yang menjijikan ini ternyata ada manfaatnya buat umpan mancing lele di segala spot mancing. Umpan lele dengan kecoa ini sudah terbukti sangat ampuh dan jitu karena saya sudah sering menggunakannya dan bisa menaklukan ikan lele seberan 3.7 kg di sungai cisarua sukabumi dengan umpan kecoa ini. Cara memasang umpan kecoa ini dengan cara menyangkutkan kail di di badan dekat  ekornya. Klo untuk mendapatkannya sangat mudah sekali dan pasti dirumah sobat pun banyak hewan menjijikan ini hehehehe.

Untuk kecoa yang berwarna putih memang sangat langka dan sulit di temukan tetapi apabila sobat sering banyak kecoa berkumpul pasti sobat menemukan kecoa yang sedang mengbah kulitnya dan sedang tumbuh sayap baru. Umpan jitu untuk mancing lele ini bisa digunakan di air yang keruh atau pun bening asalkan ikan lelenya ada. Buat sobat yang suka mancing malam pun umpan ini bisa menjadi umpan jitu untuk ikan lele maupun ikan predator lainnya yang biasa mencari makan di malam hari.
  • Ulet Daun Pisang
Ini dia umpan yang paling mudah dicari dan mendapatkannya, karena disekitar rumah kita pasti ada pohon pisang. Cirri – cirri daun pisan yang ada uletnya adalah ujung daun pisang yang menggulung dan kotoran ulat yang jatuh kebawah pohon pisang tersebut. Bentuk ulet pisang hamper mirip dengan cilung bambu yang biasa di jual di toko burung atau toko perlengkapan pancing. Bentuk badan sampai 5cm dan ulet yang satu ini mempunyai serbuk putih mirip tepung di seluruh badannya.

Baca juga artiel terkait dengan umpan hidup  untuk mancing Lele galatama, mancing harian, sungai, rawa, siang dan malam
Umpan mancing hidup untuk mancing lele ini sudah sangat popular dan bisa di rekomendasi bagi sobat mancing liar dan yang lainnya, semoga bermanfaat.


Salam Mancing Liar