-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Cara mancing jaer di Kolam Liar dan umpan yang di gunakan

Salam Mancing Liar

Sensasi mancing jaer memang sangat seru di alam liar dan selalu menjadi target utama untuk spot mancing liar di kolam bekas penggalian atau danau. ikan mujaer di kolam liar selalu berkoloni dan berkumpul pada saat makan. Ada cara dan tips untuk mancing jaer dari pengalaman saya setelah menjelajan tempat-tempat mancing liar di daerah cikarang kab. Bekasi. tempat mancing liar di bekasi tepatnya di cikarang lebih di dominasi oleh spot bekas penggalian lio yang mungkin sudah berpuluh - puluh tahun tergenang air, dan bisa dibilang kolam penadah hujan karena air yang ada di kolan berasal dari air hujan yang tertampung di bekas penggalian lio. makanya spot kolam liar di daerah cikarang atau pun di daerah karawang dan sekitarnya itu surut saat musim kemarau dan luber saat musim penghujan, bahkan 3 atau 4 kolam bisa jadi satu saat hujan deras.

  • Joran untuk mancing jaer di kolam liar
Untuk alat mancing jaer di kolam liar lebih bagus dengan joran tegek apabila kedalaman lebih dari 50 cm yang bisa memungkinkan ikan kepinggir dan tidk kabur saat melihat gerakan joran tegek yang naik turun. untuk kolam liar dangkal di bawah 50 cm dan spot mancing yang luas lebih disarankan menngunakan jorang reel agar bisa lempar umpan ketengah yang lebih dalam tempat berkumpul ikan mujaer. pengalama saya selalu membawa joran reel dan tegek saat mencari spot mancing liar untuk menemukan settingan joran dan umpan yang pas untuk mancing jaer di spot tersebut.
  • Umpan mancing jaer di kolam liar

Umpan favorit yang paling ampuh untuk mancing jaer dan nila sebenarnya dengan lumut. tetapi ada sebagian spot yang agak susah makan dengan umpan lumut ini karena beberapafactor yang bisa membuat ikan mujaer malas makan. Ada juga spot mancing kolam liar yang lebih bagus menggunakan cacing dan udang yang hidup di sekitar kolam liar tersebut. pengalaman yang sudah terbukti umpan ampuh manncing jaer di kolam liar dan danau yang bisa menjadi rekomendasi bagi sobat mancing liar yang hobi dengan strike ikan mujaer di alam liar :

1. Umpan mujaer dengan lumut segar

Sobat mancing  liar pasti sudah hebat dan tahu kehebatan umpan lumut untuk menaklukan ikan mujaer babon di kolam liar, danau atau rawa. Spot mancing yang bagus dengan umpan lumut ini kolan yang mempunyai kedalaman lebih dari 50cm. Hanya sedikit berbagi informasi untuk esen lumut agar lebih jitu dan mantap bisa menggunakan sari pandan, sari daun walang geni atau pun vanili untuk bahan kue. esen lumut ini sangat mudah didapat dan dibuat sendiri dengan bahan hanya satu jenis daun. Untuk pemakaian esen pandan sangat galakan saat terik matahari dan suhu air sudah mulai hangat, dan untuk vanili lebih bait di saat cuaca mendung atau dan air di spot mancing jaer tidak terlalu hangat. Untuk esen walang geni ini sangat unik dan jitu di segala cuaca dan sangat di demari ikan jaer babon.

untuk sobat yang mencari lumut di daerah cikarang dan sekitarnya bisa di beli di warung pinggiran situ rawa binong delta mas atau di warung sekitar telaga pasir raya cikarang selatan. untuk daerah jababeka dan sekitarnya bisa mencari di sawah dan sungai kawasan, hanya saja lumutbanyak apabila saat musim kemarau. untuk daerah cianjur dan seitarnya selalu tersedia di toko pancing sepanjang jalan menuju jangari waduk cirata atau warung di pinggirannya. untuk daerah seitaran waduk jatiluhur juga ada di toko pancing sepanjang jalan menuju waduk jatiluhur, begitu juga di bandung barat daerah cikalong wetan sangat banyak yang jual untuk kebutuhan para pemancing liar.

2. Umpan mujaer dengan cacing

Cacing merupakan umpan yang paling bagus untuk semua jenis ikan, mulai dari ikan mas, kan mujaer, ikan lele, dan kan yang lainnya. memilih cacing untuk mancing ikan mujaer yang paling jitu tergantung spot yang akan dijadikan target mancing liar. pengalaman saat mancing di kolam liar penggalian lio daerah cikarang kab. bekasi dengan menggunakan cacing sangat bagus dan rekomendasi untuk spot dangkal yang mempunyai kedalaman kurang dari 50 cm. jenis cacing yang sering di gunakan untuk mancing mujaer di kolam liar adalah :
  • Cacing susu
  • Cacing Merah
  • Cacing Sawah / Cacing lumpur/Cacing saeur
  • Cacing Gelang
  • Cacing Rambut
tips : Apabila spot mancing banyak terdapat ikan betrik lebih baik mancing dengan cacing sawah karena untuk cacing merah sangat di sukai oleh ikan betrik dan mujaerpun menjadi susah makan.

Umpan cacing pun bagus di gunakan di kolam liar yang kedalamannya lebih dari 50 cm bahkan lebih dari 150 cm, tetapi mancing ikan jaer dengan umpan cacing ini selalu di gaggu oleh ikan-ikan kecil yang bisa membuat sobat kelelahan memasangkan umpan di kail.

3. Umpan mujaer dengan udang air tawar

Udang air tawar merupakan makanan sehari-hari bagi beberapa jenis ikan yang hidup di kolam liar tersebut, seperti ikan betrik, ikan lele, ikan gabus bahkan ikan mujaer dan nila. di setiap kolam liar pasti terdapat udang yang bisa di jadikn umpan jitu untuk mancing jaer di kolam liar, dengan membawa serokan kecil pun sudah dapat mengambil udang di pinggiran kolam liar tersebut.

Ada sedikit tips dari pengalaman yang menarik dan bahkan bisa di coba oleh sobat mancing liar untuk mancing jaer dengan udang ini. setelah udah hidup siap di gunakan umpan lebih bagusnya di rendam dengan air panas sampai udang berwarna kemerahan dan saat di rendang masukan beberapa helai daun singkong di air panasnya. nah umpan udang yang agak kemerahan ini sangat mantap untuk mancing ikan mujaer di kolam liar, Danau atau pun di rawa-rawa.

4. Umpan mujaer dengan umpan racikan jitu

Umpan racikan untuk ikan mujaer di kolam liar bisa di buat sendiri dengan bahan yang ada di rumah tinggal membeli sebagian bahan di toko pancing terdekat. pengalaman saya menggunakan umpan racikan untuk mancing jaer dengan bahan pelet pakan lele, pelet 48 dan kuning telur puyuh yang sudah mateng bisa jadi rekomendasi buat sobat mancing liar. umpan racikan ini sudah di coba di danau rawa binong cikarang dengan strike 63 ekor ikan nila / mujaer dan di danau pasir raya serang baru dengan strike 48 ekor. dan beberapa ikan hama seperti redvil juga mau menyantapnya. untuk ikan mas pun bisa menggunakan umpan jitu ini.

Baca juga : 10 cara membuat umpan patin kolam galata dan harian

Ada sedikit kekurangan untuk racikan ini, ikan mujaer atau nila babon tidak sempat makan umpan racikan ini karena umpan sudah di kerumuni oleh ikan ikan kecil dan sangkal. coba dan buktikan sob, lihat pelampung langsung bergoyang dan tenggelam setiap kali melempar umpan. tips dari pengalaman mancing mujaer dengan umpan racikan harus di kasih gutukan dulu / di kasih bandul dulu agar ikan datang mendekati umpan jitu ini, untuk cara membuatnya bisa di lihat di sini.

5. Umpan mujaer dengan udang kupas

Cara mendapatkan udang kupas sangat mudah sekali, karena sangat banyak di jual di pasar dan di tempat penjualan ikan. udang kupas ini menjadi umpan mujaer paling jitu untuk mancing ditambak dan bisa di gunakan juga di spot manncing jaer kolam liar. memang umpan udang kupas ini kurang menjadi rekomendasi untuk mancing jaer di spot yang banyak ikan betrik dan yuyu, karena bau amis udang kupas sangat menyengat dan mengundan para predator air tawar untuk berkumpul.

  • Bandul pengumpul ikan mujaer
Membuat bandul pengumpul ikan mujaer sangat penting untuk mancing di danau, i kolam liar, atau pun dirawa. posisi ikan yang menyebar dan tidak bisa dipastikan ikan pass berada di target yang menjadi spot saat mancing. Selalu bawa bandul pengumpul ikan untuk perlengkapan mancing liar. Waktu yang tepat untuk menabur bandul pengumpul ikan saat pertama datang ke lokasi mancing jaer, jadi saat beres-beres joran dan sebagainya ikan mulai berdatangan ke bandul tersebut.

Untuk memilih bandul pengumpul ikan mujaer harus di lihat dulu kedalaman spot yang di jadikan target  dan ikan di sekitaran kolam liar tersebut. untuk spot yang dalamnya lebih dari 200 cm lebih baiknya mengunakan lumut sebagai pengumpul ikan jaer, karena ikan jaer dan ikan nila bukan ikan dasaran seperti ikan mas dan boboso. Dan untuk kedalaman kurang dari 200cm bisa di tambah kan m,enir atau pun racikan bandul pengumpul ikan yang paling mantap agar ikan mujaer bisa berkumpul di satu titik. teknik mancing dasaran bisa di gunakan apabila kedalaman kurang dari 200 cm. pengalaman kemaren yang mungkin bermanfaat buat sobat mancing liar, untuk spot mancing yang mempeunyai bnyak ikan kecilnya seperti betrik, sepat, paray, dan golsom kurangi pemakaian bandul racikan, karena ikan kecil akan berkumpul dan mengangu ikan jaer babon untuk makan umpan di kail.

Baca juga : Membuat bandul pengumpul ikan mas, mujaer dan bawal dari yuyu segar

  • Cara mancing jaer dan settingan nya
Kebiasaan jaer dan ikan nila lebih senang berkerumun di tengah dan permukaan air sehingga teknik gantung atau pelampung lebih efektip untuk menaklukan mujaer liar. lokasi tempat berkumpulnya biasanya di kolam yang banyak pohon yang terendam air seperti eceng, rumput atau tumbukan air lainnya. joran tegek bisa jadi rekomendasi untuk mancing jaer di kolam liar yang berukuran kecil dan sedang dan mempunyai kedalaman kurang dari 200 cm. umpan lumut paling ampuh untuk menggoda ikan mujaer dan bisa di buat bandul pengumpul ikan mujaer di spot mancing liar,

Semoga pengalaman ini bermanfaat buat sobat mancing liar di tungu coretan pengalamannya agar bisa menjadi masukan untuk sobat mancing liar semuanya, terimakasih

Salam Mancing Liar