-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Umpan Jitu Ikan Mas dan bawal "Udang Rebon"

Salam Mancing Liar

Membuat umpan jitu ikan mas dan bawal dengan udang rebon sangai jitu dan petut di coba oleh sobat mancing liar. Kali ini saya mau berbagi pengalaman membuat umpan jitu ikan mas dan bawal yang biasa saya gunakan di  spot mancing liar di waduk cirata, pengalam memakai umpan jitu ini sering saya gunakan saat saya mancing di kolam apung waduk cirata dan hasilnya pun sangat memuaskan mendapat strike ikan mas 1.2kg dan ikan bawal 1kg. Memang sangat banyak sekali cara dan tips untuk membuat umpan jitu ikan mas dan bawal, tidak ada salah nya sobat mencoba racikan ini.

Umpan racikan untuk ikan mas dan bawal dengan udang rebon ini masih tergolong murni tanpa esen, jadi bau umpannya pun sangat ramah lingkungan. Okeh sob kita langsung saja:

Bahan yang harus di siapkan :
  • Udang rebon yang di haluskan 1 ons
  • Kue bolu kukus 4 buah
  • Pelet apung 1 bungkus
  • Mie yang di haluskan secukupnya
  • kroto segar Rp 5000
Cara membuat :
  • Remdam pelet apung sampai lembut
  • Campurkan pelet apung yang sudah lembut dengan udang rebon dan bolu kukus
  • Tambahkan air secukupnya sampai racikan kental
  • Campurkan kroto ke racikan umpan 
  • Campurkan mie yang sudah di haluskan secukupnya sampai kental dan lengket
  • Air yang di gunakan harus anget agar adonan lengket dan tidak cepat buyar apabila kena air
Nah umpan jitu sudah siap untuk tempur sob, mungkin juga umpan ini bisa di gunakan di pemancingan harian atau kiloan tapi saya belum pernah mencobanya hehehe, tidak ada salah nya klo sobat sendiri yang mencoba karena umpan ini bisa di bilang sederhana dan mudah di buatnya serta tidak mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk menemukan bahan umpan ini bisa di beli di toko-toko pancing terdekat, tetapi untuk bolu kukus terkadang agak sulit mencarinya dan unutk alternatif bisa cari di tempat jajanan pasar. Bahan dasar pelet apun bisa juga di janti dengan pakan lele yang biasa di jual di toko pancing atau toko burung di dekat tempat tinggal sobat.

Saya juga mau berbagi pengalaman mancing liar di kolam apung waduk cirata dengan menggunakan umpan ini, jam setengah 6 pagi saat itu saya sudah ready banget untuk strike di spot ini, saya menggukan tujuh joran tradisional yang panjangnya hanya 120cm dan sangat lentur. Saya setting tiga joran memakai umpan lumut dengan kedalaman 2 meter untuk srike ikan nila dan empat joran memakai umpan jitu yang di racik tadi dengan kedalaman 5 meter. Nah ada tips sedikit buat sobat, setelah umpan semua di lempar dan standby sobat harus tabur pelet apung yang sudah di rendam dengan sedikit air ke posisi umpan, gunanya untuk memancing ikan agar berkumpul di posisi umpan sobat. Apa yang terjadi sob, belum 15 menit joran dengan umpan jitu itu nunduk dengan cepat. Ternyata umpan saya di sambar ikan mas yang lumayan besar sob, asyik dan mantab mainin ikan di kedalaman 5 meter sangat mantap. Malah terkadang dua sampai tiga joran strike sekaligus dan saya pun kewalahan melawannya.

Baca juga artikel terkait dengan umpan jitu ikan mas dan bawal dengan udang rebon :
Itulah cara dan tips membuat umpan jitu ikan mas dan bawal yang selalu saya gunakan untuk mancing di waduk cirata, semoga bermanfaat

Salam Mancing Liar