-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Esen Mujaer atau Nila Paling Jitu dengan sari pandan

Salam Mancing Liar

Umpan jitu mancing ikan mujaer atau nila lebih efektif menggunakan lumut segar. tetapi ada spot mancing liar yang terkadang ikan mujaer atau nila itu susah untuk makan dan kondisi air yang cenderung tidak mengalir. seperti spot mancing liar danau, spot mancing liar di waduk dan spot mancing liar lain nya, di artikel yang lalu saya pernah bahas menbuat esen umpan mujaer paling jitu dengan walang geni, dan sekarang perlu juga di coba menggunakan esen sari pandan



Daun pandan tumbuh di daerah tropis dan bersuhu lembab, dengan memiliki bau yang khas dan sedap. biasanya pandan ini sering digunakan untuk pewangi kue dan pembuatan warna hijau untuk kue. untuk pemancing liar pun sudah bukan rahasia lagi untuk penggunaan sari pandan ini sebagai campuran lumut segar agar lebih wangi dan menambah selera makan ikan mujaer dan nila. Esen sari pandan ini bisa di temukan di toko-toko pancing sebagai esen, di toko bahan kue sebagai pewangi makanan atau juga membuat sendiri dengan daun pandan segar.

Para pemancing liar di waduk cirata dan jatiluhur sudah sering menggunakan esen sari pandan ini untuk di campur dengan lumut segar, dan hasilnya lumayan memuaskan. strike ikan nila babon sering di taklukan dengan unpan lumut ditambah esen sari pandan.

Esen ini salah satu esen paling jitu untuk mancing ikan mujaer atau nila di spot mincing liar, masih banyak pengalaman mancing liar dan tips - tips mancing liar yang bisa jadi rekomendasi untuk sobat mancing liar. seperti :
Sekian info dan pengalaman membuat umpan jitu dan mancing liar dengan umpan paling jitu di spot yang menjadi favorit para mancing liar. semoga bermanfaat.

Salam Mancing Liar