-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

8 Umpan Ikan Mas Jitu, Murah, Alami, mudah, tanpa Campuran Esen

Salam Mancing Liar

Umpan ikan mas jitu sangat banyak sekali dibahas di berbagai media, mulai dari umpan alami , umpan racikan maupun umpan-umpan oplosan. yang saya infokan sekarang pun mungkin sobat mancing liar sudah banyak yang mencobanya dengan hasil yang beragam, dan sekarang saya coba informasikan satu persatu umpan ikan mas jitu yang murah alami tanpa capuran esen untuk para pemancing liar dan sobat mancing lainnya. Sebagian umpan ini pun sangat cocok untuk umpan ikan lain dan sangat cocok juga untuk mancing galatama, harian, mancing kiloan atau pun mancing liar arus deras seperti sungai. Langsung saja kita kupas semua sob,

  • Ulet Batang Pohon Pisang
Ulet batang pisang ini berbeda dengan ulet daun pisang atau pun cilung ( Ulet Bambu ), hanya saja bentuk yang hampir mirip dari bentuk tubuh dan bentuk kepala. bedanya ulet batang pohon pisang dengan cilung hanya panjan tubuh yang lebih pendek, agak bulat, kulit lebih lembek dan kepala lebih kecil dan berwarna coklat terang. umpan ikan mas dengan ulet batang pohon pisang sangat cocok untuk mancing liar di sungai seperti sungai kalimalang cikarang kab. bekasi. Mancing galatama, Mancing ikan mas harian, Mancing ikan mas kiloan, mancing liar di danau, mancing liar di waduk dan spot lainnya. umpan dengan ulat batang pohon pisang pun sangat jitu untuk ikan lainnya serta cara mudah mendapatkan ulet batang pohon pisang akan kita bahas detail di artikel ini sob (ulam cau)
  • Singkong Rebus
Nah klo ini umpan yang mungkin agak aneh buat sebagian sobat mancing liar, selain rasanya enak bila di sajikan dengan kopi hitang di pagi hari, singkong rebus pun biasa dipakai umpang jitu untuk ikan mas terutama ikan mas jaruh atau ikan susah makan di empang, kolam atau danau. pemancing Warung Kondang kec, Cianjur sudah buktikan ini dengan hasil sangat memuaskan. terbayang sepele ya hehehe, coba dan buktikan sobat biar gak penasaran. Dan cara untuk membuat umpan jitu dengan singkong rebus pun sangat mudah, singkong hanya direbus sampai empuk saja dan tidak di campur apapun. nah untuk menggunakan umpan ini hanya di sobek dan di pasangkan di kail pancing. coba dan buktikan umpan jitu dengan umpan jitu ikanmas singkong rebus.
  • Umpan Sobek dari Ikan Segar
Umpan ikan mas dengan sobek ikan segar ini bangak digunakan oleh pemancing galatama, pemancingan harian dan mancing kiloan. hampir semua ikan air tawar bisa di buat umpan sobek dan mempunyai kejituan berbeda-beda menurut bukti lapangan. untuk spot ikan mas danau dan waduk pun bisa dengan umpan ini dan untuk spot sungai umpan sobek ikan segar ini kurang efektip karena umpan nya tidak tahan terhadap arus air atau cepat buyar. untuk membuat umapn sobek ini sangat mudah dan simple seperti membuat umpan ikan mas dengan singkong rebus. untuk cara membuat umpat sobek dan jenis ikan yang sering di gunakan para manter mancing akan di bahas di artikel berikutnya. ( sabar lagi ya sob.. segera update ko )

Baca juga tentang umpan sobek ini:
  1. Umpan sobek daging belut
  2. Umpan sobek ikan nila
  3. Umpan sobek jitu daging sidat
  • Laron
Klo dengan umpan yang satu ini pasti sobat sudah tau dan sering memcobanya, sebenarnya laron ini sangat jitu dengan ikan apa pun, baik ikan predator maupun ikan - ikan lainnya. umpan jitu ikan mas dengan laros sudah di buktikan dengan strike ikan mas di sungai cisarua sukabumi dengan berat 1,6 kg, cuma sayang tidak bawa foto karena lagi musim hujan. umpan ini lebih cocok untuk spot air deras dan agak keruh untuk target ikan mas. makanya lebih di sarankan mancing liar di spot sungai dengan umpan laron ini.habis hujan deras dan air sangat keruh karena umpat ini sangat jitu untuk mancing liar di sungai dengan target ikan lele, wader, tawes, baung, sidat dan ikan lainnya.

Nah untuk mendapatkan laron ini lumayan susah sob, umpan alami ini sangat jarang keluar dan biasanya ada serentak di awal musim penghujan. detailnya setelah kemarau dan hujan 1, 2 atau tiga hari baru muncul dan itu pun tak tentu. untuk jam nyapun sangat terbatas  di sekitar jam 6 sore sampai jam 8 malam menuruk pengalaman saya sob hehehe. terakhir saya menggunakan umpan laron ini sekitar awal bulan desember 2016 dan strike ikan lele dan ikan nilem di spot mancing liar sungai cisarua kota sukabumi.

  • Uter ( Atau Ulet pohon jengjing dan pohon randu (kapuk))
Ulet Uter sangat mudah di dapat di daerah yang masih terdapat kebun, apalagi di perkebunan kayu jengjing (jengjeng=sunda). ciri ciri  kayu yang sudah ada uternya adalah dengan daun yang rontok habis dan kulit kayu yang terkelupas, serta bisa di lihat di bawah sekitar pohon itu banyak serbuk kayu dan itu adalah kotoran uter si ulet kayu jengjing. terdapat banyak lubang di pohon kayu jengjing ini sebagai sarang dan makan ulet uter tersebut. Umpan jitu ikan mas dengan uter ini sangat cocok di spot sungai dan arus deras seperti sungai karena mempunyai kulit yang alot dan tidak mudah robek. uter ini bisa juga digunakan di kolam pemancingan maupun spot mancing liar lainnya, baik dijadikan umpan hidup alami maupun di peras dan dibuat campuran umpan racikan yang sangat jitu.

  • Cilung ( Ulet Bambu )
Umpan cilung si ulet bambu ini sama dengan halnya ulet batang pohon pisang, tetapi untuk ukuran badannya yang lebih panjang dan kulit lebih alot dan tebal, saya yakin sobat mancing liar sudah pada tau dan sering menggunakan umpan ini untuk target ikan baung, lele bahkan patin. nah umpan cilung ini pun sangat jitu untuk umpan mancing ikan mas di spot mancing liar sungai atau waduk, tetapi untuk spot di pemancingan galatama dan pemancingngan harian saya masih minin informasi untuk umpan  ikan mas jitu dengan cilung ini. Malah saya pernah mendapatkan informasi nya untuk di kolam pemancingan cilung ini hanya di pakai untuk campuran umpan atau sebagai esen. coba dan buktikan sob biar semuanya jelas dan tidak penasaran, jangan lupa komen hasilnya biar sobat mincing liar pun tau.

  • Larva Lebah Penyengat
Kepongpong lebah, telur lebah, larva lebah penyengat sangat jitu untuk mancing ikan mas, larva ini bisa digunakan sebagai umpan alami murni dan bisa juga sebagai campuran, untuk mendapatkannya ya pasti harus mendapatkan sarang lebahnya dengan penjagaan yang sangat ketat dari yang punya sarang. sarang lebah ini sering di temukan di pohon-pohon atau di atap rumah, semakin besar sarang semakin banyak pula larva lebah tersebut. hati-hati sob, sekali di sengat bisa meriang 3 hari 3 malam dengan badan panas dingin (pengalaman) hehehe. unpan ini juga mantap untuk mancing bawal dan mancing ikan lainnya.
  • Kroto ( Larva Semut Rangrang )
Sobat mancing liar pasti tau yang namanya kroto, yang bisa di bilang umpan favorit untuk mancing ikan mas di kolam pemancingn galatama, pemancingan harian, pemancingan kiloan, mancing liar di waduk atau pun di danau, umpan campuran kroto ini sudah sangatlah lumrah di dunia mancing. nah sedikit perlu di ingat sob, larva semut rangrang yang masih bulat dan agak besar itu sangat jitu untuk mancing ikan mas, dan bisa langsung di pasangkan di kail. cara ini pun sudah banyak di gunakan untuk mancing ikan bawal.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat buat sobat mancing liar.

Salam Mancing Liar