-->

Mancing Alam Liar

Nikmati Sensasi Alam Liar

Mancing Liar " Tips Spot Kolam Apung Waduk Cirata "

Salam Mancing Liar,

Tips mancing liar kolam apung waduk cirata, info dan pengalaman mancing liar spot rakit gandaria waduk cirata, dan sekarang kita berbagi info dan pengalaman Mancing Liar " Spot Kolam Apung Waduk Cirata ".

 kolam apung di waduk cirata ini salah satu tempat budidaya ikan air tawar terbesar di Indonesia yang jumlah nya ratusan atau ribuan kolam yang tersebar di waduk cirata ini, dan berbagai jenis ikan di besarkan di kolam kolam terapung ini yang jenisna banyak sekali seperti ikan mas, nila, patin dan banyak ikan tawar yang lainnya, yang paling jadi dominan adalah ikan mas yang hasil panen nya di kirim ke seluruh pelosok daerah jawa barat dan mungkin lebih luas lagi, wah klo masalah bisnis nya saya belum paham betul sobat, belum ada pengalaman hehehehe. kolam apung ini mempunyai rangka dari besi atau bambu dan drum plastik atau besi sebagai media apung nya, dan untuk tempat jalannya mengunakan besi atau bambu. kolam apung diwaduk cirata ini punya nama untuk mempermudah pencarian spot apabila sobat mau kembali mancing ke sana, spot yang pernah saya kunjungi seperti kolam SK, HIBA, Marpin, BBAT, dan banyak lagi. foto Spot Kolam Apung Waduk Cirata di bawah ini sudah rusak dan sudah tidak di gunakan lagi. "Ingat sob, spot mancing nya di luar kolam ya, bukan di dalam kolam yang di tanam ikan" 

Okeh sob kita mulai ke tips nya ya untuk persiapan :
  • Siapkan joran lebih dari satu yang lentur dan panjang nya 80 cm sampai 130 cm ( rekomendasi pakai joran tradisional biar sobat bisa rasakan dahsyatnya tarikan ikan )
  • Pakai senar yang kecil dan samar air bisa 4 lbs sampai 8 lbs ( recomendasi no 6 )
  • Tempat ikan yang lumayan besar, biar dapat banyak hehehe
  • Wadah atau baskom untuk lumut
  • Serokan yang sedang biar enak naikan ikan
  • Penutup kepala ( siang panas sob g ada saungnya )
  • Umpan cukup membawa lumut segar dan umpan racikan
Setting pancingan :
  • Joran tradisional dengan tempat senar (golongan ) traditional ( biar mantap sob )
  • Ikatkan kail di ujung senar dan bandul di atas nya dengan jarak -/+ 10 cm - 13 cm
  • Kail cukup 1 tiap joran ( ikan sensitive terhadap senar )
  • Pembatas bandul harus kuat agar tidak merosot mendekat ke kail, (agar ikan tidak sering lepas saat strike ikan )
  • Memilih Ukuran bandul sesuaikan dengan joran ( ujung joran lengkung sedikit apabila di beratin bandul
  • Rekomendasi ukuran kail no 3 carbon jepang
Untuk Spot Kolam Apung Waduk Cirata ini pilih pas sambungan kolan agar sobat leluasa dan nyaman duduk di geladak kolam apung
Posisi joran saat mancing

 Nah kita mulai cerita pengalaman sob, mulai dari perjalanan saya biasa berangkat dari sukabumi jam 01.00 tengah malam, dan sampai di kota Cianjur 02.00 untuk beli berbagai kebutuhan untuk mancing di waduk cirata seperti lumut, bahan umpan racikan,bandul, kail dan sarapan biar g masuk angin hehehe. setelah selesai kita lanjutkan perjalanan ke Jangari atau salah satu dermaganya perahu di waduk cirata dan sampai jam 03.30. disana sobat santai dulu sambil cek persiapan biar gak ada yang kurang sambil ngopi hitam dan nyari sopir perahu untuk mengantar ke spot kolam apung tujuan sobat. apabila sobat g punya tujuan bisa langsung Tanya ke sopir perahu untuk spot yang lagi bagus dan sopir akan atarkan ke spot itu.

Tepat jam 04.00 ayo berangkat naik perahu menuju ke kolam apung tujuan spot dan perjalanan bisa mencapai 1 jam, atau lebih tergantung lokasi kolam apungnya. setelah sampai di kolam apung sobat turun dari perahu dan naik di kolam ikan, sebelum mulai aktivitas baiknya minta izin dulu ke petani kolam ikan yang ada di sana, ya sebungkus rokok untuk kenyamanan gak masalah hehehe. owh iya sob untuk ongkos perahu jangan dikasih dulu, ntar sobat g di jemput lagi pulang nya, "Warning" bayar ongkos setelah kembali ke dermaga jangari biar di jemput lagi saat pulang sore hari nya. sekitar jam 5 sobat sudah ada di posisi spot mancing kolam apung ini dan mulai siapkan joran, umpan, tempat ikan dan serokan di posisi siaga, pas terbit matahari ya pindahnya gelap ke terang lah sobat langsung mulai tebar lumut yang di hancurin sedikit saja untuk pengumpul ikan ( gutukan ) dan untuk setingan umpan dan kedalaman :
  • Untuk kedalam 1m sampai 2.5m gunakan umpan lumut ( Untuk ikan nila / mujaer )
  • Untuk kedalaman 3m sampai 5m gunakan umpan racikan ( untuk ikan mas, bawal, da yang lainnya )
Disarankan membawa 5 sampai 10 joran agar bisa di seting beberapa joran dengan umpan lumut dan sebagian lagi umpan racikan. Nah jam 5.30 sampai 07.30 ini biasanya ikan mas lagi ganas-ganasnya, sobat bisa rasakan nikmatnya tarikan ikan mas di kolam ikan waduk cirata ini, dan ikan nila pun gak mau kalah sob, dia mulai ganas sama umpan lumut, pokonya di jamin sobat sibuk dan keteter untuk strike mancing liar ini.saat jam 09.00 biasanya ikan mulai kurang ganas, mungkin jadwal sarapan paginya sudah lewat, tetapi untuk yang makan terus ada sampai sore. nah jam 13.00 biasanya anginya mulai berhembus agak kencang dan mulai lagi sobat strike ikan nila babon dan lumayan keteter dan sibuk sampai jam 14.30, setelah itu anginny lebih kencang dan ikan pun gak bisa netep di satu tempat karena airnya berombak, dan ini lah hasil pertempuran di kolam apung waduk cirata ini :

 Ikan nila, ikan mas, ikan merah, dan hampala

Sampai di jam 15.30 pentempuran pun selesai dan bereskan semua peralatan untuk bersiap pulang, dan gak lama perahu datang menjemput dan berangkat kembali ke jangari sekitar 1 jam. jam 17.00 sampai di darat dan jangan lupa bayar perahu sekitar Rp 15.000 sampai 20.000 PP tergantung jarak kolam apung lokasi spot mancing liar. sarapan makan dulu biar g masuk angina saat perjalanan pulang. okeh sob singkat waktu sampai di rumah jam 08.00 mandi dengan air angat dan langsung makan malam dewngan ikan tangkapan di Spot Kolam Apung Waduk Cirata.

Di coel dengan sambel jahe " Mantap "
~~~Selamat menikmati ~~~

Artikel terkait dengan tips mancing liar di spotkolam apung waduk cirata :
 Sekian tips, info dan pengalaman saya untuk mancing di Spot Kolam Apung Waduk Cirata ini, semoga manfaat dan bisa jadi rekomendasi hiburan mengingisi waktu luang dengan cara yang menyenangkan.

Salam Mancing Liar